Ticker

6/recent/ticker-posts

Contoh RPP IPA SMP Kurikulum 2013 Dan Rubrik Penilaian

RPP IPA SMP Kurikulum 2013
RPP IPA SMP Kurikulum 2013
blog BELAJAR IPA - RPP - Dunia pendidikan tahun ajaran 2014/2015 tahun ini semua telah menerapkan Kurikulum 2013. Hal-hal yang harus dipersiapkan bagi seorang guru dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 sedikit agak berbeda dengan RPP Kurikulum KTSP. Apa saja yang terdapat dalam RPP Kurikulum 2013?

Hal-hal yang musti kita cantumkan dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: (Contoh yang saya pakai adalah RPP IPA SMP)

1. Mencantumkan Identitas

Identitas meliputi; Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Alokasi Waktu.

2. Mencantumkan KIKD

Kompetensi Inti (KI) terdiri dari empat (4) komponen KI-1, KI-2, KI-3, KI-4 harus dicantumkan semua. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) dicantumkan yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Belum punya KIKD? silakan menuju kesini Download KIKD Kurikulum 2013.

3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Perumusan tujuan pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Tujuan pembelajaran juga harus memperhatikan alokasi waktu pertemuan pembelajaran, sehingga setiap pertemuan dapat memberikan hasil.

4. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran diambil dari silabus. Contoh silabus IPA kelas 7 dapat anda peroleh di Download Silabus IPA SMP Kelas VII Kurikulum 2013.

5. Mencantumkan Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

Media merupakan perangkat yang digunakan dalam pembelajaran, misalnya LCD Proyektor, Laptop, dll. Alat adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses belajar, misal alat-alat praktikum, alat-alat demonstrasi, dll. Sedangkan sumber belajar berupa buku literatur.

6. Metode Pembelajaran

Meliputi Pendekatan, model pembelajaran, serta metode yang dipakai dalam proses belajar mengajar.

7. Langkah-Langkah Pembelajaran

Ada fase pendahuluan, inti, dan penutup yang memuat kegiatan apa yang akan dilakukan beserta alokasi waktunya.

8. Melakukan Penilaian


Penilaian meliputi; Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, dan Penilaian Ketrampilan, beserta Instrumen Rubrik Penilaiannya.

Sebagai gambaran seperti apa RPP Kurikulum 2013, berikut kami sampaikan Contoh RPP IPA SMP Kurikulum 2013 Dan Rubrik Penilaiannya.

Update: Download RPP IPA Kelas VIII Bab 1 Gerak Pada Makhluk Hidup - Ms. Word

Post a Comment

0 Comments